Manfaat Digital Marketing Untuk Bisnis

Agar masyarakat mengenal produk atau jasa sebuah perusahaan, maka perusahaan tersebut perlu melakukan pemasaran mengenai produk atau jasanya, sehingga masyarakat dapat mengenali produk atau jasa tersebut dan tertarik untuk membelinya. Salah satu teknik pemasaran yang dapat digunakan adalah pemasaran digital (digital marketing), berikut merupakan pembahasan mengenai pengertian digital marketing, manfaat digital marketing untuk bisnis, dan jenis digital marketing.

Pengertian digital marketing

Sumber : freepik.com

Sebelum memahami pengertian digital marketing, alangkah baiknya kita pahami dulu mengenai pengertian marketing. Marketing merupakan sebuah aktivitas dalam bisnis yang dapat berguna untuk memperkenalkan produk atau jasa ke masyarakat luas, sehingga masyarakat tersebut dapat tertarik dengan produk atau jasa tersebut. Sedangkan digital marketing merupakan suatu kegiatan pemasaran untuk mengenalkan produk atau jasa sebuah perusahaan kepada masyarakat luas dengan menggunakan media digital atau internet.

Manfaat digital marketing

Sumber : freepik.com

1. Menjangkau pasar yang lebih luas

Digital marketing dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Dengan jangkauan pasar yang lebih luas, maka produk atau jasa yang dipasarkan oleh perusahaan tidak hanya dikenal di wilayah perusahaan tersebut berada, namun juga di wilayah-wilayah lainnya. Sehingga, peluang untuk mendapatkan pelanggan pun juga akan semakin besar.

2. Menghemat biaya pemasaran

Walaupun dapat menjangkau pasar yang lebih luas, biaya pemasaran dengan menggunakan media digital atau internet masih dapat dikatakan lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan pemasaran konvensional, dikarenakan pemasaran konvensional membutuhkan media seperti poster, brosur, maupun banner. Ketiga media tersebut perlu dicetak agar dapat dibagikan dan disebarkan kepada masyarakat luas.

3. Meningkatkan penjualan

Ketika dapat menjangkau pasar yang lebih luas, maka peluang untuk mendapatkan pelanggan akan semakin besar, sehingga peluang tersebut dapat meningkat penjualan produk atau jasa yang dipasarkan oleh perusahaan.

4. Meningkatkan pendapatan

Dengan meningkatnya penjualan dari sebuah produk atau jasa suatu perusahaan, maka pendapatan perusahaan tersebut juga akan meningkat.

Jenis digital marketing

Sumber : freepik.com

1. Social Media Marketing

Merupakan jenis digital marketing yang menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter sebagai sarana untuk melakukan pemasaran.

2. Website

Perusahaan dapat menggunakan website sebagai sarana untuk menampilkan produk atau jasanya. Website juga bisa digunakan sebagai sarana calon pelanggan untuk melakukan subscribe newsletter, sehingga perusahaan akan mendapatkan data-data calon pelanggan yang sudah melakukan subscribe newsletter. Website juga dapat digunakan untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan, karena pada website perusahaan dapat ditampilkan testimoni dari klien yang telah membeli produk maupun menggunakan jasa dari perusahaan tersebut.

3. Search Engine Marketing

Adalah jenis digital marketing untuk meningkatkan visibilitas website perusahaan pada halaman hasil mesin pencarian seperti Google, Bing, maupun Yahoo.

4. Email Marketing

Perusahaan dapat mengirimkan promo mengenai produk maupun jasanya ke pada calon pelanggan melalui email, khususnya bagi mereka yang sudah melakukan subscribe newsletter.

5. Mobile Marketing

Merupakan jenis digital marketing yang memanfaatkan perangkat mobile atau seluler untuk melakukan pemasaran. Mobile marketing terbagi menjadi dua, yaitu: SMS marketing (mengirimkan pesan promosi kepada calon pelanggan menggunakan layanan SMS) dan telemarketing (menghubungi nomor ponsel pelanggan melalui telepon untuk melakukan promosi)

6. Video Marketing

Perusahaan dapat membuat video mengenai penjelasan produk atau jasanya, kemudian perusahaan dapat mengunggah video tersebut ke platform sharing video seperti YouTube, sehingga masyarakat luas dapat menyaksikan video tersebut.

7. Affiliate Marketing

Adalah jenis digital marketing yang memanfaatkan jasa affiliator untuk menjual produk atau jasa sebuah perusahaan, ketika affiliator tesebut berhasil menjual produk atau jasa sebuah perusahaan maka affiliator tersebut akan mendapatkan komisi.

Itulah pembahasan mengenai pengertian digital marketing, manfaat digital marketing untuk bisnis, dan jenis digital marketing. Semoga bermanfaat.

Share

Seenau D.

Seenau D.

Artikel Lainnya

chipset artificial intelligence
Edukasi
Faisal A.

Artificial Intelligence: Revolusi Industri Kreatif

Pengertian dan Perkembangan Artificial Intelligence Artificial Intelligence (AI) adalah teknologi yang mampu melakukan tugas-tugas yang biasanya membutuhkan kemampuan manusia, seperti mengenali wajah, menginterpretasikan bahasa, atau

Selengkapnya »

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *