Manfaat Community Marketing Untuk Bisnis

Melansir HubSpot, marketing merupakan tindakan mempromosikan dan menjual produk atau layanan, termasuk riset pasar dan periklanan. Marketing mengacu pada tindakan apa pun yang brand lakukan untuk menarik audiens ke produk atau layanan yang brand jual. Salah satu jenis marketing adalah community marketing, berikut merupakan pembahasan mengenai pengertian community marketing, manfaat community marketing untuk bisnis, dan jenis community marketing.

Pengertian Community Marketing

Sumber : freepik.com

Community marketing adalah sebuah teknik pemasaran yang dapat brand gunakan untuk membangun sebuah interaksi dengan konsumennya. Interaksi tersebut bisa dilakukan secara online maupun offline, seperti: grup Telegram atau Facebook, webinar, seminar, event, maupun komunitas di suatu daerah. Tujuan dari community marketing adalah membangun dan mempertahankan hubungan yang baik antara brand dengan konsumennya.

Manfaat Community Marketing

Sumber : freepik.com

1. Meningkatkan Awareness Brand

Adanya komunitas dalam sebuah brand akan membuat brand tersebut semakin banyak yang membicarakan dan mendengarnya. Audiens yang belum pernah mengetahui brand tersebut akan mencari tahu melalui google atau media sosial, sehingga akan semakin banyak yang mengetahui dan mengenal brand tersebut dan memungkinkan audiens tersebut untuk bisa menjadi konsumennya.

2. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Tanpa adanya community marketing terkadang konsumen akan kesulitan berinteraksi secara langsung dengan brand untuk menyampaikan masukan maupun keluhannya. Dengan adanya community marketing, sebuah brand dapat mendengarkan dan berkomunikasi secara terbuka dengan konsumennya, sehingga brand tersebut dapat mendengarkan masukan maupun keluhan dari konsumennya.

3. Mengetahui Kebutuhan Konsumen

Sering melakukan interaksi dengan konsumen tentunya membuat brand akan semakin mengetahui kebutuhan konsumennya. Karena hal tersebut, brand tersebut dapat mengembangkan produk baru atau bahkan menghilangkan produk yang dapat mengganggu atau bahkan tidak berguna bagi konsumennya.

4. Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Ketika sebuah brand memberikan kesempatan kepada konsumennya untuk menyampaikan masukan maupun keluhannya, konsumen tersebut akan merasa diperhatikan oleh brand tersebut, hal tersebut dapat meningkatkan kepercayaan konsumen kepada brand. Ketika kepercayaan konsumen meningkat, maka loyalitas dari konsumen tersebut juga akan meningkat.

Jenis Community Marketing

Ada dua jenis community marketing, yaitu: organic community marketing dan sponsored community marketing. Organic community marketing merupakan komunitas yang dibuat sendiri oleh konsumen tanpa bantuan brand, seperti: grup Telegram atau Facebook penggemar, forum diskusi online. Sedangkan sponsored community marketing merupakan komunitas yang sengaja brand buat untuk konsumennya, seperti: media sosial yang dimiliki oleh sebuah brand, webinar maupun seminar yang diadakan oleh sebuah brand, event yang dibuat oleh sebuah brand, komunitas resmi di suatu daerah.

Itulah pembahasan mengenai pengertian community marketing, manfaat community marketing untuk bisnis, dan jenis community marketing. Semoga bermanfaat.

Share

Seenau D.

Seenau D.

Artikel Lainnya

chipset artificial intelligence
Edukasi
Faisal A.

Artificial Intelligence: Revolusi Industri Kreatif

Pengertian dan Perkembangan Artificial Intelligence Artificial Intelligence (AI) adalah teknologi yang mampu melakukan tugas-tugas yang biasanya membutuhkan kemampuan manusia, seperti mengenali wajah, menginterpretasikan bahasa, atau

Selengkapnya »

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *