Manfaat Media Sosial TikTok Untuk Bisnis

Salah satu sarana untuk memasarkan sebuah produk atau jasa adalah dengan menggunakan media sosial. Melansir populix, media sosial merupakan platform digital yang memfasilitasi penggunanya untuk saling bersosial, baik itu berkomunikasi maupun membagikan konten berupa tulisan, foto, dan video. Salah satu contoh media sosial adalah TikTok. TikTok dapat digunakan oleh pemilik bisnis untuk memasarkan produk atau jasanya. Berikut merupakan pembahasan mengenai apa itu TikTok? business account TikTok, dan manfaat media sosial TikTok untuk bisnis.

Apa itu TikTok?

Sumber : unsplash.com

Melansir DailySocial, TikTok merupakan media sosial yang berasal dari negeri Tiongkok yang diluncurkan pada awal September tahun 2016 oleh seorang pengusaha bernama Zhang Yiming. TikTok merupakan sebuah aplikasi jejaring sosial dan platform video musik. Pengguna bisa membuat, mengedit, dan berbagi klip video pendek lengkap dengan filter dan disertai musik sebagai pendukung.

Melansir databoks, jumlah pengguna TikTok terus bertambah. Pada kuartal II 2022 TikTok sudah memiliki 1,46 miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia, jumlah tersebut melonjak 62,52% dibanding periode yang sama tahun lalu. Melansir DataIndonesia.id, pengguna TikTok Indonesia terbesar kedua di dunia, pengguna aktif bulanan TikTok di Indonesia sebesar 99,1 juta orang pada April 2022.

Business Account TikTok

Sumber : freepik.com

Business account TikTok merupakan akun TikTok yang dapat pemilik bisnis gunakan untuk mengoptimalkan bisnisnya, seperti melakukan promosi mengenai produk atau jasanya. Melansir TikTok for Business, business account TikTok memiliki beberapa fitur yang dapat pemilik bisnis gunakan untuk mengoptimalkan bisnisnya. Berikut merupakan beberapa fitur yang terdapat pada business account TikTok.

1. Data kinerja dan data audiens yang lengkap

Memahami preferensi audiens dan menyesuaikan strategi untuk membuat konten terbaik, agar mendapatkan hasil yang optimal.

2. Brand dan audiens saling terhubung tanpa hambatan

Menambahkan informasi penting brand di business account, agar audiens dapat menemukan brand yang dimaksud dengan mudah.

3. Panduan kreasi iklan untuk brand

Mendapatkan semua informasi penting tentang iklan di TikTok dengan panduan konten bisnis yang tersedia di aplikasi tersebut.

4. Karosel video eksklusif

Melihat tren TikTok di suatu negara melalui karosel eksklusif yang berisi konten dari berbagai brand dan kreator.

5. Perpustakaan musik komersial yang besar

Mengakses lebih dari 500.000 musik, suara, dan lagu bebas royalti yang dapat menyempurnakan konten sebuah brand.

6. Business suite yang intuitif

Mendapatkan beberapa dukungan, mulai dari dukungan analitik hingga saran kreasi iklan, dan menyimak mengenai berbagai kisah sukses.

Manfaat media sosial TikTok untuk bisnis

Sumber : unsplash.com

Berikut merupakan beberapa manfaat yang bisa pemilik bisnis dapatkan ketika menggunakan media sosial TikTok.

1. Mendapatkan referensi dan dukungan untuk membuat konten terbaik

Pemilik bisnis dapat melihat berbagai konten yang sedang tren di TikTok. Selain itu, pemilik bisnis juga dapat menggunakan musik, suara, dan lagu yang bebas royalti untuk menyempurnakan kontennya.

2. Mendapatkan panduan untuk beriklan

Selain pemilik bisnis dapat beriklan di TikTok, pemilik bisnis akan mendapatkan panduan serta informasi yang penting untuk beriklan, sehingga iklan yang pemilik bisnis jalankan bisa optimal.

3. Dapat bekerja sama dengan influencer TikTok untuk promosi bisnis

Selain dapat beriklan di TikTok, pemilik bisnis juga bisa menjalin kerja sama dengan influencer TikTok untuk mempromosikan bisnisnya.

4. Dapat menjangkau lebih banyak audiens

Karena jumlah pengguna TikTok terus bertambah, maka pemilik bisnis bisa memiliki peluang untuk mendapatkan lebih banyak audiens. Selain itu, pemilik bisnis juga bisa menambahkan informasi penting mengenai bisnisnya di TikTok, agar audiens dapat melihat informasi tersebut, sehingga audiens dapat mengetahui keberadaan bisnis tersebut dan mengenal bisnis tersebut.

Itulah pembahasan mengenai apa itu TikTok? business account TikTok, dan manfaat media sosial TikTok untuk bisnis. Semoga bermanfaat.

Share

Picture of Seenau D.

Seenau D.

Artikel Lainnya

chipset artificial intelligence
Edukasi
Faisal A.

Artificial Intelligence: Revolusi Industri Kreatif

Pengertian dan Perkembangan Artificial Intelligence Artificial Intelligence (AI) adalah teknologi yang mampu melakukan tugas-tugas yang biasanya membutuhkan kemampuan manusia, seperti mengenali wajah, menginterpretasikan bahasa, atau

Selengkapnya »

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *