Cara Meningkatkan Engagement di Media Sosial

Apa itu engagement?

Sosial media: Instagram, Facebook, dan Twitter
Sumber : unsplash.com

Melansir Req, engagement merupakan sebuah alat tolok ukur yang digunakan untuk melihat tingkat keterlibatan audiens pada upaya media sosial untuk bisnis online.

Melansir Big Commerce, terdapat tiga platform media sosial yang paling populer saat ini, yaitu: Facebook, Instagram, dan Twitter. Setiap platform memiliki mekanismenya sendiri bagi pengguna untuk mengungkapkan apresiasi atas postingan yang diukur secara berbeda di setiap platform:

  • Twitter: re-tweets dan followers
  • Facebook: shares, likes, dan followers
  • Instagram: likes dan followers

Berikut merupakan cara meningkatkan engagement di media sosial.

Cara meningkatkan engagement di media sosial

1. Buat konten yang mudah dishare atau diberikan komentar

Ketika akan membuat konten, kita harus memikirkan konsepnya dengan matang, agar konten yang kita buat itu menarik. Sehingga, orang yang melihat konten kita akan suka dengan konten yang kita buat dan akan mudah untuk melakukan share dan memberikan komentar pada konten tersebut.

2. Menjawab komentar dari semua orang di akun

Ketika kita membuat sebuah konten, bisa jadi kita berharap bahwa konten tersebut banyak disukai dan direspon oleh orang lain. Ketika ada orang yang berkomentar mengenai konten yang kita buat, maka kita harus merespon balik komentar tersebut, sehingga orang yang berkomentar tadi juga akan merasa senang dan dihargai karena komentarnya direspon oleh kita.

3. Share konten di story

Selain menjawab komentar mengenai konten kita, alangkah baiknya kita juga melakukan share konten di story media sosial. Ketika ada orang yang melihat story kita, maka ada kemungkinan orang tersebut melihat konten yang sudah kita buat, sehingga jumlah orang yang melihat konten kita akan semakin banyak.

6. Buat konten story untuk berinteraksi dengan followers

Berinteraksi dengan followers itu penting. Semakin sering kita berinteraksi dengan followers, maka kita akan tahu apa saja yang sebenarnya mereka butuhkan, sehingga kita bisa fokus untuk memenuhi kebutuhan tersebut dan followers kita juga akan merasa senang ketika kita sering mengajak mereka untuk berinteraksi. Salah satu cara berinteraksi dengan followers adalah dengan membuat konten story.

4. Berinteraksi dengan influencer besar di nichemu

Melansir liveabout, niche market merupakan segmen pasar yang lebih besar yang memiliki permintaan dan preferensi sendiri. Perusahaan fokus pada niche market untuk melayani konsumen tertentu dengan lebih baik daripada pesaingnya yang menargetkan pasar yang lebih luas.

Selain berinteraksi dengan followers, maka kita juga harus berinteraksi dengan para influencer besar yang sesuai dengan niche kita, agar kita dengan influencer tersebut bisa saling kenal dan berpeluang untuk menjalin kerja sama dengan mereka.

5. Support konten kreator kecil di nichemu

Selain itu, kita juga harus membantu dan mendukung para konten kreator kecil yang sesuai dengan niche kita. Sehingga, konten kreator tersebut bisa lebih mudah untuk berkembang dan bisnis kita juga bisa berkembang dengan bantuan mereka.

Itulah pembahasan mengenai cara meningkatkan engagement di media sosial. Semoga bermanfaat.

Ingin memaksimalkan media sosialmu tapi bingung caranya?

Share

Seenau D.

Seenau D.

Artikel Lainnya

chipset artificial intelligence
Edukasi
Faisal A.

Artificial Intelligence: Revolusi Industri Kreatif

Pengertian dan Perkembangan Artificial Intelligence Artificial Intelligence (AI) adalah teknologi yang mampu melakukan tugas-tugas yang biasanya membutuhkan kemampuan manusia, seperti mengenali wajah, menginterpretasikan bahasa, atau

Selengkapnya »

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *