Kelebihan dan Kekurangan Freelancer

Definisi freelancer

Freelancer atau tenaga lepas merupakan seseorang yang bekerja tanpa terikat oleh kontrak yang sifatnya jangka panjang. Kontrak yang diberikan terhadap freelancer ini berlaku ketika freelancer tersebut mulai mengerjakan sebuah proyek dari seorang klien dan kontrak tersebut akan berakhir jika freelancer tersebut telah menyelesaikan proyek dari klien tersebut.

Bagaimana freelancer mendapatkan pekerjaan?

Saat ini sudah banyak tersedia platform marketplace freelancer, pada platform tersebut feelancer dapat menawarkan jasanya sesuai dengan keahliannya, seperti: desain grafis, digital marketing, pemrograman, fotografi, maupun editing video. Selain itu freelancer juga dapat direkrut oleh klien untuk mengerjakan sebuah proyek. Contoh marketplace freelancer dapat dilihat pada gambar dibawah ini

Contoh Marketplace Freelancer

Kelebihan freelancer

1. Tempat dan waktu untuk bekerja lebih fleksibel

Freelancer dapat bekerja dimanapun dan kapanpun, sesuai dengan keinginannya, asalkan pekerjaannya bisa selesai tepat waktu dan sesuai dengan keinginan klien. Freelancer juga berpeluang mendapatkan proyek dari mana saja, baik itu lintas kota maupun lintas negara. Hal ini karena, freelancer tidak harus selalu bertemu langsung dengan kliennya dan ketika ada kebutuhan meeting, bisa menggunakan aplikasi meeting online seperti: Zoom maupun Google Meet. Sehingga, ketika freelancer mendapatkan proyek dari klien lintas negara, freelancer tersebut bisa mendapatkan penghasilan mata uang asing.

2. Bebas memilih proyek dari klien

Selain fleksibel memilih tempat dan waktu untuk bekerja, freelancer juga memiliki kebebasan untuk memilih proyek yang sesuai dengan keinginannya. Freelancer juga bisa memiliki lebih dari satu klien dalam satu waktu, asalkan semua proyek dari klien tersebut bisa terselesaikan dengan baik.

3. Bebas menentukan harga layanan

Selain memposting layanannya pada platform marketplace freelancer, freelancer juga dapat menentukan harga layanannya sendiri, sesuai dengan beban kerja serta waktu pengerjaannya.

Kekurangan Freelancer

1. Pendapatan tidak tetap

Pekerjaan freelancer sangat bergantung pada jumlah proyek dari klien. Semakin banyak mengerjakan proyek dari klien, maka penghasilannya akan semakin banyak, namun jika hanya sedikit mengerjakan proyek dari klien, maka penghasilannya juga akan sedikit.

2. Fasilitas kerja ditanggung sendiri

Agar freelancer dapat menyelesaikan pekerjaannya, frelancer tersebut memerlukan beberapa fasilitas kerja sesuai dengan kebutuhannya, namun freelancer tersebut harus menggunakan uangnya sendiri untuk memenuhi fasilitas kerjanya.

Contoh pekerjaan freelancer

  • Desainer (logo, poster, banner, kartu bisnis, cover buku, packaging)
  • Digital marketer
  • Programmer
  • Fotografer
  • Video editor

Share

Seenau D.

Seenau D.

Artikel Lainnya

Jasa Desain Grafis Online Profesional dan Terjangkau

Apa itu Jasa Desain Grafis? Jasa desain grafis adalah layanan

Faisal A.
16 Januari 2024

Artificial Intelligence: Revolusi Industri Kreatif

Pengertian dan Perkembangan Artificial Intelligence Artificial Intelligence (AI) adalah teknologi

Faisal A.
29 Agustus 2023

Tips Memilih Desain Grafis yang Sesuai untuk Bisnis

Apakah Anda sedang mencari cara untuk meningkatkan visual branding bisnis

Faisal A.
23 Agustus 2023

Jasa Desain Grafis Online Profesional dan Terjangkau

Apa itu Jasa Desain Grafis? Jasa desain grafis adalah layanan

Faisal A.
16 Januari 2024

Artificial Intelligence: Revolusi Industri Kreatif

Pengertian dan Perkembangan Artificial Intelligence Artificial Intelligence (AI) adalah teknologi

Faisal A.
29 Agustus 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *