Kalender Konten Media Sosial

Semua hal yang kita bagikan secara online, seperti: iklan, foto, dan video, adalah konten. Kalender konten adalah cara untuk merencanakan dan mengatur jadwal posting media sosial kita. Beberapa poin yang ada di dalamnya yaitu: apa yang akan kita bagikan, kapan kita akan membagikan, dan tujuan kita akan membagikan itu apa. Kalender konten bisa membantu kita untuk membangun proses untuk membuat konten, lalu mengatur kapan, tujuannya apa, dan bagaimana konten kita akan tampil, kemudian membagikan konten secara konsisten.

Bagaimana cara membuat kalender konten untuk media sosial?

1. Melakukan audit media sosial.

Hal ini bisa kita mulai dengan menuliskan channel media sosial mana saja yang aktif kita gunakan. Setelah itu, evaluasi seperti apa efektivitas dari setiap channel yang sedang kita kelola tersebut. Ada tiga hal yang harus kita perhatikan ketika sedang melakukan evaluasi tersebut, yaitu:

a. Audiens kita ada di mana?

Jika para target audiens kita itu lebih aktif pada satu platform media sosial dari pada platform media sosial lainnya, maka kita bisa memanfaatkan media sosial tersebut dan fokus mengembangkan konten pada platform tersebut.

b. Platform apa yang mengalami pertumbuhan yang paling tinggi pada beberapa tahun belakangan ini?

Jika kita melihat sebuah pertumbuhan yang signifikan pada suatu platform, kita bisa melakukan analisis terhadap platform tersebut dan mencari tahu penyebab pertumbuhan platform tersebut.

c. Traffic dan engagement pada konten itu biasanya berdatangan di mana saja?

Kita bisa mencari tahu upaya apa yang dilakukan oleh tim dalam mengembangkan tiap channel dan mengkaji perlakuan apa yang berbeda yang berpotensi menyebabkan perbedaan hasil pada konten.

2. Mengenal demografi pada setiap channel media sosial dan menyajikan konten yang paling sesuai.

Setiap media sosial akan menarik perhatian target audiens yang berbeda. Ketika kita bisa menyajikan konten yang paling sesuai pada media sosial yang tepat, hal ini akan meningkatkan potensi agar konten yang kita sajikan akan dibagikan oleh para audiens.

3. Menentukan kategori konten.

Ketika membuat kalender konten media sosial sebaiknya kita juga harus menentukan sistem kategorisasi konten yang akan tampil. Hal tersebut akan membantu kita dalam menelusuri konten seperti apa yang paling menarik bagi target audiens kita.

Dan untuk mendapatkan contoh kalender konten media sosial beserta 30 ide konten bisnis food & beverage, serta template daftar konten, silahkan terlebih dahulu untuk mengisi form di bawah ini.


Tahapan Membuat Konten Kalender Media Sosial

Setelah mendapatkan contoh template kalender konten media sosial, berikut merupakan tahapan dalam mengisi template tersebut:

1. Lakukan riset mengenai konten dari berbagai situs referensi atau media sosial kompetitor.

Jika sudah mengetahui konten yang akan kita buat masukkan ide konten pada tabel yang sudah ada. Kita juga harus menambahkan tujuan konten ini, apakah untuk awareness, leads, atau conversion. Tambahkan kategori konten dan link referensi untuk mempermudah desainer membuat desain atau video.

Daftar Konten Bulanan

2. Mengisi kalender kontan sesuai tanggalnya.

Setelah kita mengisi pada daftar konten yang akan kita buat, masuk ke tahap selanjutnya. Pada gambar berikutnya bisa kita isi dengan judul konten yang sudah kita susun sebelumnya. Hal ini akan mempermudah kita untuk melihat dengan cepat jadwal konten yang akan kita posting.

Kalender Konten Bulanan

Itulah bagaimana langkah-langkah dalam memaksimalkan konten kalender di media sosial. Semoga bermanfaat!

Share

Seenau D.

Seenau D.

Artikel Lainnya

chipset artificial intelligence
Edukasi
Faisal A.

Artificial Intelligence: Revolusi Industri Kreatif

Pengertian dan Perkembangan Artificial Intelligence Artificial Intelligence (AI) adalah teknologi yang mampu melakukan tugas-tugas yang biasanya membutuhkan kemampuan manusia, seperti mengenali wajah, menginterpretasikan bahasa, atau

Selengkapnya »

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *