Manfaat Work From Anywhere (WFA)

Work From Anywhere

Work From Anywhere (WFA) atau kerja dari jarak jauh telah menjadi budaya beberapa perusahaan di Indonesia. Terlebih akibat pandemi covid-19 perusahaan terpaksa menjalankan budaya kerja ini. Meskipun pandemi telah usai, tetapi masih ada beberapa perusahaan di Indonesia yang menerapkan budaya kerja ini.

Apa itu Work From Anywhere (WFA)?

Work From Anywhere (WFA) adalah sistem kerja yang bisa dilakukan dari mana saja. Dengan sistem WFA, karyawan dapat bekerja dari mana saja, tidak ada batasan harus di kantor maupun rumah. Karyawan bebas memilih tempat bekerja sesuai dengan keinginannya.

Lalu apa bedanya antara Work From Anywhere (WFA) dengan Work From Home (WFH)?

Ada perbedaan antara Work From Anywhere (WFA) dengan Work From Home (WFH). Sesuai dengan namanya, WFH adalah bekerja dari rumah, sedangkan WFA adalah bekerja dari mana saja. Dimana, tempat kerja untuk WFH hanya terbatas di rumah saja, sedangkan tempat kerja untuk WFA lebih fleksibel, seperti: hotel, kafe, maupun tempat untuk berlibur. Asalkan tempat yang digunakan untuk bekerja tersebut kondusif dan pekerjaan yang dikerjakan selesai.

Apa sebenarnya yang menjadi alasan mereka untuk memberlakukan kerja secara jarak jauh untuk karyawannya? Berikut adalah beberapa manfaat dari Work From Anywhere (WFA):

1. Efisiensi Waktu dan Biaya

Bekerja secara jarak jauh menjadi manfaat bagi orang yang jarak ke kantor cukup jauh. Selain mengurangi pengeluaran untuk perjalanan, waktu juga lebih efisien.

Jika biasanya tidak sempat membersihkan rumah sebelum kerja, sekarang bisa karena tidak melakukan perjalanan.

2. Kerja Lebih Fleksibel

Lagi butuh tempat untuk merefresh pikiran jadi tidak perlu khawatir. Pekerja jarak jauh bisa bepergian kemana saja asal membawa device untuk menyelesaikan pekerjaannya.

3. Berkomunikasi menjadi Lebih Mudah

Jika sebelum pandemi bertemu dengan klien harus bertemu secara langsung ke lokasi, sekarang bertemu melalui zoom atau google meet sudah menjadi hal biasa. Alhasil koordinasi menjadi lebih mudah karena bisa dilakukan dimana saja.

4. Perusahaan Mendapatkan Talenta Terbaik

Biasanya perusahaan dalam merekrut karyawannya memberikan syarat harus tinggal dimana perusahaan berada. Akan tetapi dengan menerapkan kerja secara remote itu bukan menjadi syarat yang begitu penting. Bahkan saat ini, perusahaan juga dapat merekrut freelancer untuk mengerjakan proyek perusahaan tersebut secara remote.

Empat manfaat work from anywhere (WFA) di atas adalah manfaat secara umum pada perusahaan yang sudah menerapkan cara kerja ini. Tentunya ada manfaat lainnya yang berbeda masing-masing perusahaan. Semoga artikel tentang work from anywhere ini bermanfaat!

Share

Seenau D.

Seenau D.

Artikel Lainnya

Jasa Desain Grafis Online Profesional dan Terjangkau

Apa itu Jasa Desain Grafis? Jasa desain grafis adalah layanan

Faisal A.
16 Januari 2024

Artificial Intelligence: Revolusi Industri Kreatif

Pengertian dan Perkembangan Artificial Intelligence Artificial Intelligence (AI) adalah teknologi

Faisal A.
29 Agustus 2023

Tips Memilih Desain Grafis yang Sesuai untuk Bisnis

Apakah Anda sedang mencari cara untuk meningkatkan visual branding bisnis

Faisal A.
23 Agustus 2023

Jasa Desain Grafis Online Profesional dan Terjangkau

Apa itu Jasa Desain Grafis? Jasa desain grafis adalah layanan

Faisal A.
16 Januari 2024

Artificial Intelligence: Revolusi Industri Kreatif

Pengertian dan Perkembangan Artificial Intelligence Artificial Intelligence (AI) adalah teknologi

Faisal A.
29 Agustus 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *