6 Cara Menjadi Freelance untuk Pelajar

Menjadi Freelance

Aduh, pusing, nih. Uang jajan nggak ada. Aduh pusing, nih. Di sekolah banyak pengeluaran. Keuangan orang tua lagi seret. Kamu pernah berpikir seperti itu? Ingin kerja, tetapi tidak tahu mau kerja apa? Menjadi freelance adalah solusinya!

Sebelumnya, untuk kamu yang masih pelajar, tetapi sudah berpikir untuk hidup mandiri. Selamat, kamu termasuk ke dalam orang yang hebat. Hanya segelintir orang saja yang mau berpikir demikian.

6 Cara Mudah Menjadi Freelance Online untuk Pelajar

Apa itu freelance? Apakah freelance nama perusahaan? Bukan itu, ya definisinya.

Freelance adalah suatu profesi yang cara bekerjanya dilakukan secara lepas dan tidak terikat oleh waktu. Bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Tidak seperti bekerja di kantoran. Kamu harus bekerja di kantor itu terus. Kalau freelance beda, kamu bisa melakukannya kapan saja, bahkan kamu bisa bekerja di dua tempat sekaligus. Menarik bukan?

Freelance juga ada banyak macamnya. Sesuai job (pekerjaan). Ada freelance menulis, desain, dan lain sebagainya. Di akhir artikel akan diberikan tips mencari job freelance online. Jadi, baca artikel ini sampai selesai, ya!

Namun, kalau pemula dan masih pelajar, apa bisa ikut freelance? Jawabannya sangat bisa dong! Berikut 6 caranya.

1). Kenali Diri, Kamu Bisanya Kerja Apa?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, job freelance itu ada banyak jenisnya. Bahkan, hampir di setiap sektor, kamu bisa menjadi freelance.

Sebagai langkah awal yang kamu perlukan adalah mengenali diri sendiri dulu. Saya ini bisa kerja apa, ya? Misal, kamu sukanya mengedit foto. Nah, bisa itu kerja sebagai edit foto. Suka menyanyi, atau yang suka ngomong di depan kamera, bisa kerja juga, loh!

2). Asah Skill yang Kamu Punya

Nah, kalau kamu sudah tahu mau kerja apa, sebelum benar-benar kerja, asah dulu kemampuan kamu tadi itu. Biar lebih terlatih dan hebat.

Dengan skill yang terlatih, kamu juga akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan freelance di bidang yang kamu mau.

3). Cara Menjadi Freelance Selanjutnya, Siapkan Alat Pendukung

Nah, kalau skill kamu sudah terasah, nih. Pastinya kamu juga butuhkan alat pendukung ‘kan? Misal tadi kamu ingin menjadi seorang editor foto. Pastinya kamu juga butuhkan yang namanya alat mengedit.

Untuk awal, bisa menggunakan smartphone kamu. Seiring berjalannya waktu kamu kerja sebagai freelance, bisa tabung uangnya untuk membeli alat yang lebih canggih lagi.

4). Siapkan Portofolio

Nah, ini, nih. Ini yang paling penting. Banyak orang yang ingin kerja freelance, tetapi tidak menyiapkan portofolio. Akhrnya mereka tidak kunjung bekerja.

Banyak klien yang menanyakan sampel atau hasil kerja yang sudah pernah kamu buat. Misal tadi freelance edit foto. Coba siapkan portofolio hasil editan kamu. Nantinya klien akan menilai. Kalau cocok, ya kamu akan dipake bekerja. Jadi, pastikan portofolio kamu sebagus mungkin.

5). Cari Lowongan Freelance Online untuk Pelajar

Kalau kamu sudah menyiapkan semuanya, termasuk portofolio, kamu bisa langsung cari lowongan freelance. Bagaimana caranya?

Cara sederhananya bisa kamu cari di media sosial. Misal Instagram. Biasanya banyak akun-akun Instagram yang memosting seputar lowongan freelance online.

Kamu juga bisa mengunjungi beberapa situs khusu freelance. Di antaranya adalah Seenau Digital, dan masih banyak lagi. Di situ juga ada freelance untuk pelajar.

6). Cara Menjadi Freelance Terakhir, Mulai Bekerja 

Terakhir, ketika kamu sudah mendapatkan pekerjaan, kerjakanlah dengan sebaik mungkin. Kalau klien kamu memberikan deadline untuk satu pekerjaan, pastikan kamu menyelesaikan pekerjaan kamu sesuai deadline yang sudah ditetapkan.

Jangan selalu berpatok dengan gaji freelance online. Terpenting kamu bekerja dulu dengan baik. Kalau ada halangan, segera berikan konfirmasi kepada klien.

Kamu juga harus pintar membagi waktu karena status kamu yang masih pelajar. Dan itulah 6 cara menjadi freelance untuk pelajar.

Share

M. Halimurrosyid

M. Halimurrosyid

Artikel Lainnya

chipset artificial intelligence
Edukasi
Faisal A.

Artificial Intelligence: Revolusi Industri Kreatif

Pengertian dan Perkembangan Artificial Intelligence Artificial Intelligence (AI) adalah teknologi yang mampu melakukan tugas-tugas yang biasanya membutuhkan kemampuan manusia, seperti mengenali wajah, menginterpretasikan bahasa, atau

Selengkapnya »

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *