Membuat Portofolio Freelancer yang Menarik

Membuat Portofolio Freelancer yang Menarik

Membuat Portofolio Freelancer yang Menarik

Membuat portofolio yang menarik dan profesional merupakan hal yang penting bagi seorang freelancer. Dengan adanya portofolio, freelancer dapat memperlihatkan karya-karyanya yang telah dibuat. Berikut merupakan beberapa cara untuk membuat portofolio freelancer yang menarik.

1. Tentukan tujuan portofolio

Tentukan terlebih dahulu tujuan kamu membuat portofolio. Apakah hanya untuk dokumentasi saja atau untuk diperlihatkan kepada klien. Ketika kamu ingin memperlihatkan portofolio kepada klien, kamu tidak harus memperlihatkan semua karya yang telah kamu buat, kamu bisa memperlihatkan karya-karya terbaik yang sesuai dengan jasa yang kamu tawarkan kepada klien. Dengan menentukan tujuan portofolio, kamu dapat membuat portofolio yang efektif dan efisien.

2. Pilih format yang tepat

Pilih format yang tepat (membuat portofolio freelancer yang menarik)
Sumber : freepik.com

Pilih format yang tepat untuk portofoliomu. Terdapat beberapa pilihan format untuk menampilkan portofolio seperti: slide presentasi, PDF, maupun website. Kemudian pastikan klienmu dapat dengan mudah untuk mengakses maupun melihat portofoliomu.

3. Pilih karya terbaik

Pilih karya-karya terbaik yang pernah kamu buat. Kemudian pastikan karya-karya tersebut merepresentasikan kemampuan dan spesialisasimu sebagai freelancer. Selain itu jangan lupa untuk mencantumkan keterangan yang jelas mengenai karya-karya tersebut.

4. Perbarui portofolio secara berkala

Perbarui portofolio secara berkala (membuat portofolio freelancer yang menarik)
Sumber : freepik.com

Pastikan untuk memperbarui portofolio secara berkala. Kamu bisa menambahkan karya-karya terbaru kamu ke dalam portofoliomu. Selain itu kamu juga harus membuat desain portofolio yang menarik dan mudah dibaca. Pilihlah font dan warna yang sesuai, kemudian jangan terlalu banyak menggunakan font atau warna yang berbeda-beda karena hal tersebut dapat membuat portofoliomu terlihat tidak profesional.

Tertarik Menjadi Seorang Freelancer?

Share

Picture of M. Amirul 'Ammar

M. Amirul 'Ammar

Artikel Lainnya

chipset artificial intelligence
Edukasi
Faisal A.

Artificial Intelligence: Revolusi Industri Kreatif

Pengertian dan Perkembangan Artificial Intelligence Artificial Intelligence (AI) adalah teknologi yang mampu melakukan tugas-tugas yang biasanya membutuhkan kemampuan manusia, seperti mengenali wajah, menginterpretasikan bahasa, atau

Selengkapnya »

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *