Jenis Website Berdasarkan Sifat dan Platformnya

Jenis Website Berdasarkan Sifat dan Platformnya

Setelah memahami jenis website berdasarkan fungsinya, pada kesempatan kali ini kita akan membahas jenis website berdasarkan sifat dan platformnya. Jenis website berdasarkan sifatnya terdiri dari website statis dan website dinamis, sedangkan jenis website berdasarkan platformnya terdiri dari HTML & CSS, CMS, dan website builder.

Jenis Website Berdasarkan Sifatnya

1. Website Statis

Adalah website yang tampilannya cenderung tetap (tidak berubah) dan jarang dilakukan perubahan pada konten website statis. Biasanya website statis dibuat dengan menggunakan HTML & CSS oleh seorang developer yang memahami mengenai pemrograman. Hanya developer tersebut yang dapat melakukan perubahan pada konten website statis.

2. Website Dinamis

Kebalikan dari website statis, website dinamis merupakan website yang kontennya diperbarui secara berkala. Yang dapat mengubah konten website tidak hanya developer website tersebut, tetapi seseorang yang memiliki akses ke website tersebut juga dapat melakukan perubahan pada konten website.

Jenis Website Berdasarkan Platformnya

1. HTML & CSS

Sumber : freepik.com

Merupakan website yang dibuat dengan menggunakan HTML & CSS. Kepanjangan dari HTML adalah Hypertext Markup Language, sedangkan kepanjangan dari CSS adalah Cascading Style Sheet. HTML adalah bahasa markup standar yang berguna untuk membuat sebuah website, sedangkan CSS biasanya berfungsi untuk mengatur tampilan elemen yang tertulis dalam bahasa markup.

2. CMS

Sumber : freepik.com

Kepanjangan dari CMS adalah Content Management System. Melansir niagahoster, CMS merupakan software yang memungkinkan penggunanya untuk membuat dan mengelola website dengan mudah. CMS menyediakan antarmuka yang dapat penggunanya gunakan untuk mengatur websitenya, mulai dari mengatur tampilan website, laman website, konten website, dan masih banyak lagi. Terdapat banyak CMS yang tersedia, yaitu: WordPress, Drupal, Joomla, Blogger, Magento, dan sebagainya.

3. Website Builder

Website builder adalah platform yang dapat kita gunakan untuk membuat sebuah website dengan mudah, walaupun kita belum memiliki keahlian di bidang pemrograman maupun desain. Ketika menggunakan website builder, penggunanya akan mendapatkan paket lengkap untuk membuat website, yaitu: domain, hosting, dan pilihan template.

Ingin membuat website tapi bingung caranya?

Share

M. Amirul 'Ammar

M. Amirul 'Ammar

Artikel Lainnya

chipset artificial intelligence
Edukasi
Faisal A.

Artificial Intelligence: Revolusi Industri Kreatif

Pengertian dan Perkembangan Artificial Intelligence Artificial Intelligence (AI) adalah teknologi yang mampu melakukan tugas-tugas yang biasanya membutuhkan kemampuan manusia, seperti mengenali wajah, menginterpretasikan bahasa, atau

Selengkapnya »

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *