Tips Sukses Bagi Freelancer Baru

Tips Sukses Bagi Frelancer Baru yang Perlu Kamu Tahu

Apa saja tips sukses bagi freelancer baru? Apa saja yang perlu diperhatikan oleh freelancer baru agar sukses menjadi seorang freelancer? Yuk simak penjelasan berikut.

1. Fokus pada bidang keahlianmu

Fokuslah pada bidang keahlianmu untuk mempermudah menemukan proyek yang sesuai. Kemudian, ketika kamu mendapatkan sebuah proyek yang sesuai dengan keahlianmu, kamu akan dengan mudah menyelesaikan proyek tersebut.

2. Selalu update portofoliomu

Selalu update portofoliomu secara bekala untuk menampilkan pekerjaan maupun proyek terbaru dan memastikan bahwa informasi mengenai portofolio tetap relevan. Kalau kamu belum memiliki portofolio, buatlah portofolio yang menarik, sehingga klien akan dengan senang hati untuk melihat portofoliomu dan tertarik untuk membeli layananmu.

3. Perluas networking

Untuk memperluas networking, kamu dapat bergabung ke komunitas freelancer. Kemudian, kamu bisa menjalin kerja sama dengan anggota komunitas freelancer tersebut. Selain itu, kamu juga dapat berdiskusi mengenai tips & tricks untuk sukses menjadi seorang freelancer. Lalu kamu juga bisa memperkenalkan dan menjelaskan layananmu.

Perluas networking => bergabung ke komunitas
Sumber : freepik.com

4. Manajemen waktu

Kelola waktumu dengan baik agar seluruh kegiatanmu dapat berjalan dengan lancar dan tidak ada yang tertunda. Kamu bisa membuat rencana harian maupun mingguan, kemudian tentukan prioritasmu, lalu jangan menunda-nunda pekerjaan yang harus dilakukan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan alat bantu seperti aplikasi time schedule maupun time reminder. Sehingga dengan bantuan aplikasi tersebut kamu bisa mencatat dengan rinci semua aktivitas maupun kegiatanmu serta pekerjaan yang harus kamu selesaikan.

Manajemen waktu
Sumber : freepik.com

5. Berikan layanan yang berkualitas

Berikan layanan yang berkualitas dan terbaik untuk klienmu. Agar klien tersebut puas dengan hasil kerjamu dan tidak ragu lagi untuk melakukan repeat order layananmu.

6. Terus kembangkan keahlianmu

Terus kembangkan keahlianmu agar keahlianmu terus meningkat dan tetap relevan. Ketika keahlianmu meningkat, hal tersebut akan memudahkan kamu untuk mengerjakan proyek dari klien yang lebih kompleks.

Tertarik Menjadi Seorang Freelancer?

Share

Picture of M. Amirul 'Ammar

M. Amirul 'Ammar

Artikel Lainnya

chipset artificial intelligence
Edukasi
Faisal A.

Artificial Intelligence: Revolusi Industri Kreatif

Pengertian dan Perkembangan Artificial Intelligence Artificial Intelligence (AI) adalah teknologi yang mampu melakukan tugas-tugas yang biasanya membutuhkan kemampuan manusia, seperti mengenali wajah, menginterpretasikan bahasa, atau

Selengkapnya »

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *